Struktur Teks Iklan Televisi



Struktur Teks Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, membujuk agar khalayak umum ikut pada suatu ajakan tertentu yang dipasang atau dipublikasikan melalui alat media informasi audio visual satu arah atau televisi. Televisi merepakan media yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemirsa, Karena televisi bisa menyajikan suara dan gambar yang bisa bergerak sesuai aslinya. Televisi memberikan peranan penting dalam sosialisasi,. Televisi banyak digemari oleh Masyarakat sebagai media hiburan serta media informasi. Kebanyakan jaringan dan stasiun televisi atau televisi juga memberikan penawaran penjualan kepada pengiklan atau sponsor beberapa bagian waktu penyiarannya untuk membiayai jaringan siaran pada televesinya dalam bentuk pemasangan iklan.

Bentuk iklan tidak hanya berupa kelompok kata, klausa, dan kalimat, atau gabungan dari ketiganya, namun juga bisa berupa gambar dan suara. Perpaduan gambar dan suara sekaligus teks bisa ditemukan pada iklan di televisi. Teks iklan di media elektronik seperti televisi dan radio memiliki karakteristik berbeda dengan iklan serupa di media cetak. Televisi merupakan media yang menggunakan dua elemen sekaligus yaitu audio dan visual. 

Sebagai media audiovisual, iklan di televisi menuntut estetika menyangkut indra pendengaran dan penglihatan. Karakteristik iklan di televisi adalah pesan produk dapat dikomunikasikan secara total dalam bentuk audio, visual, dan gerak. Iklan televisi berperan penting dalam membangun dan mengembangkan citra positif bagi suatu perusahaan dan produk yang dihasilkan.

Untuk mengetahui apakah iklan suatu produk sesuai dengan keinginan atau dapat menarik perhatian masyarakat, maka diperlukan elemenelemen iklan, yakni: heard words (kata-kata yang terdengar dalam iklan); musik (musik yang terdapat dalam tayangan iklan); seen words (kata-kata yang terlihat pada tayangan iklan); picture (gambar atau tayangan iklan); colour (komposisi atau keserasian warna gambar serta pengaturan cahaya yang terdapat dalam tampilan tayangan iklan); movement (gerakan yang terlihat pada tayangan iklan).
Berdasarkan isinya, iklan televisi ada tiga jenis: iklan spot (berisi informasi tentang produk dari suatu perusahaan untuk mencapai penjualan yang maksimal, bersifat komersial murni, bertujuan untuk merangsang minat pembeli atau pemakai); iklan tidak langsung (berisi tentang produk atau pesan tertentu dari suatu perusahaan atau lembaga pemerintah yang disampaikan secara tidak langsung ke dalam materi program siaran); layanan masyarakat (berisi informasi tentang suatu kegiatan atau pesan-pesan sosial untuk menarik perhatian maksimal pemirsa agar berpartisipasi dan bersimpati terhadap kegiatan atau masalah tertentu). Perhatikan contoh iklan berikut.
No.VideoAudioDirectionDeskripsiDurasi
1.VideoNo soundBlank videoDurasi2 detik
2.VideoBacksound musik 80%
  1. Tulisan mucul satu-persatu berdasarkan baris (4 baris) disesuaikan dengan ketentuan musik
  2. Warna tulisan merah pada kata “lebih dari 2,5 juta dan rok*k” sisanya berwarna putih
  3. Jenis font Cmon’Near
  4. Rata tengah
  5. Fade out
  6. Semua warna video dibuat lebih kelam dan sedikit gelap
Tulisan “lebih dari 2,5 juta jiwa melayang setiap tahunnya karena rok*k”3 detik
3.VideoSuara menghisap rok*k (80%) Suara percakapan orang-orang (60%) Backsound musik (40%)Video balon hati masuk perlahan dan mulai membesar (angle: close up), Fade outBalon hati membesar perlahan dengan warna yang masih merah segar2 detik
4.VideoSuara detak jantung pada elektrodiagram (80%) Suara percakapan orang(60%) Backsound musik (40%)Muncul gambar detak jantung (berwarna hijau supaya kontras dengan video lain dan terdapat penambahan warna), Fade outGambar detak jantung seseorang yang masih hidup diperlihatkan2 detik
5.VideoSuara menghisap rok*k (80%) Suara percakapan orang-orang (60%) Backsound musik (40%)Video balon hati masuk kembali bergerak perlahan lebih membesar lagi dan mulai membentuk hati yang utuh (angle: close up), Fade outPerubahan bentuk dan warna menjadi lebih gelap pada balon hati mulai terlihat karena terus di isi dengan asap rok*k2 detik
6.Video- Suara detak jantung pada elektrodiagram (80%) Suara percakapan orang(60%) Backsound musik (40%)Muncul gambar detak jantung (berwarna hijau supaya kontras dengan video lain dan terdapat penambahan warna) Fade outGambar detak jantung seseorang yang masih hidup diperlihatkan2 detik
7.VideoSuara menghisap rok*k 40% Suara percakapan orang-orang (tinggi suara menurun jadi 20%) Backsound musik (meninggi jadi 60%)Video balon hati yang besar dan mulai kehitaman (full shot)Balon hati mulai terlihat lebih menghitam dan mengesankan kerusakan jantung sudah sangat akut4 detik
8.VideoSuara balon meledak (80%), Backsound musik (40%)Balon hati yang pecahPecahnya balon yang sudah menghitam mengumpamakan seorang yang sudah meninggal karena kerusakan jantung yang sudah akut akibat merok*k1 detik
9.DurasiBacksound musik (60%)- Asap (fade out)Asap rok*k berada di dalam balon yang berkumpul menjadi bulatan dan menghilang2 detik
10.VideoSuara elektrodiagram yang menunjukan mati (40%) Backsound musik (60%)Elektrodiagram yang menunjukan seorang telah meninggal (oppacity 100%)Seorang yang telah meninggal karena mengalami kerusakan jantung akibat merok*k2 detik
11.VideoSuara elektrodiagram yang menunjukan mati (menurun sampai 20%) Backsound musik (60%)Cuplikan gambar-gambar orang merok*k (5 gambar). Cuplikan still image kerusakan jantung (4 gambar). Elektrodiagram yang menunjukan seorang telah meningal (oppacity 30%)Lebih menunjukan lagi banyaknya kegiatan merok*k yang nantinya akan merusak jantung dan berujung pada kematian2 detik
12.VideoSuara elektrodiagram yang menunjukan mati (menurun sampai 10%) Backsound musik (80%)Still image sampah rok*k di dalam kertas (full shot)Gambar banyaknya rok*k yang dikonsumsi dan tanpa sadar meracuni diri kita sendiri2 detik
13.VideoSuara meremas kertas (60%), Suara elektrodiagram yang menunjukan mati (menurun sampai 0%), Backsound musik (40%)Video image sampah rok*k (zoom out). Video meremas kertas (ghost effect)Pengkonsumsian rok*k harus segera dihentikan dan diumpamakan dengan sampah kertas yang harus dibuang3 detik
14.VideoNo soundTulisan stop merok*k dengan remasan kertas sebagai huruf “O”. Jenis font Cmon’Near. Warna: merah marun. Rata tengahPenegasan kembali dari maksud iklan2 detik
Struktur Teks Iklan Televisi,menjual sembari menjaga nirwana04,teks eksposisi teknologi tepat guna tentang mesin perontok padi6,teks menjual sembari menjaga nirwana2,ciri kebahasaan teks editorial3,gagasan apa yang disampaikan oleh penulis teks tentang teknologi tepat guna,struktur teks editorial,struktur teks iklan orientasi tubuh iklan justifikasi,struktur teks editorial atau opini,pengertian justifikasi dalam teks iklan,hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah,struktur editorial,apakah gagasan tersebut didukung oleh alasan alasan yang kuat,unsur kebahasaan teks ulasan sang pemimpi,bentuk pemerintahan republik,jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di indonesia,teks opini menjual sembari menjaga nirwana,struktur teks editorial/opini,argumentasi apa saja yang dikemukakan oleh penulis dalam teks menjual sembari menjaga nirwana,mengapa ular piton tidurnya sangat lama,contoh teks editorial atau opini,struktur kebahasaan teks editorial,jenis musik iringan tari,mengapa jerapah mempunyai waktu tidur paling sedikit,jelaskan hubungan struktural dan fungsional,isi teks editorial

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Teks Iklan Televisi

  • Mengevaluasi Struktur Teks Cerita Sejarah Mengevaluasi Struktur Teks Cerita Sejarah Piala Dunia merupakan kompetisi akbar yang bergengsi dalam dunia persepakbolaan. Piala dunia digelar setiap 4 tahun sekali. ...
  • Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Iklan Salah satu fungsi sosial teks iklan adalah membantu menggerakkan perilaku khalayak untuk lebih baik. Iklan berfungsi membantu menggerakkan suatu perubahan standar hidu ...
  • Memproduksi Teks Iklan Memproduksi Teks Iklan Untuk dapat memproduksi teks iklan diperlukan perancangan terlebih dahulu. Perancangan iklan yang dimaksud di sini  adalah iklan layanan m ...
  • Mengevaluasi Teks Iklan Mengevaluasi Teks Iklan Iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen. Tujuann iklan adalah untuk memp ...
  • Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah  Menginterpretasi makna teks cerita sejarah artinya memberikan penafsiran terhadap teks tersebut agar data sej ...

0 komentar:

Post a Comment