Reklame Komersil



Reklame Komersil

Reklame adalah sarana untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk kepada konsumen dengan, sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membeli produk tersebut. Fungsi reklame adalah untuk mempekenalkan suatu produk pada masyarakat, dengan adanya reklame tersebut diharapkan masyarakat tertarik untuk menggunakan produk yang ada dalam reklame. Dengan laku dan digunakannya produk tersbut perusahaan produk tersebut akan memperoleh keuntungan.

Reklame sangat membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Reklamejuga digunakan sebagai media untuk mengenalkan budaya bangsa melalui produk yang ditawarkan. Tidak semua reklame bertujuan hanya untuk memperoleh keuntungan. ada reklame yang sifatnya hanya untuk mengajak melakukan sesuatu. Berdasarkan tujuan pembuatannya, reklame dibedakan menjadi reklame komersial dan reklame non komersial.
  • Reklame Komersial (Ekonomis). Reklame komersil adalah reklame yang dibuat untuk menawarkan barang dan jasa. Dengan reklame komersil ini diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Jenis reklame komersil banyak digunakan para pedagang atau pengusaha dalam meningkatkan keuntungan. Contoh iklan komersil dapat kita saksikan di televisi, misalnya iklan barang elektronik, tv, komputer, dan lain-lain
  • Reklame Non- Komersial (Sosial). Reklame non komersil yang dibuat untuk mengajak atau menghimbau orang lain untuk mau melakukan sesuatu. Misalnya poster PIN (Pekan Immunisasi Nasional), poster anjuran untuk hidup bersih, poster peringatan bahaya Demam Berdarah, Keluarga Berencana,  dan sebagainya.
Tujuan utama sebuah reklame komersil diantaranya untuk menawarkan barang dan jasa kepada konsumen. Dengan adanya reklame komersil tersebut diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Agar masyarakat tertarik reklame komersil yang kita tampilkan harus memiliki beberapa syarat. Atau dengan kata lain reklame komersil yang kita buat lebih lebih menonjol dari iklan komersil yang lainnya. Agar lebih menonjol berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah reklame komersil :
  • Teks atau slogan yang jelas dan mudah dipahami. Terdiri dari teks utama (headline) dan teks penjelasan yang mendukung headline. Dengan kalimat yang mudah dipahami konsumen akan tahu apa yang kita tawarkan.
  • Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai. Pemilihan bahasa dan kalimat harus disesuaikan dengan sasaran konsumen/pembaca yang akan menggunakan produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya. 
  • Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat. Ilustrasi gambarnya harus sesuai dengan produk aslinya. Obyek yang digunakan juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya. Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak digunakan pada reklame produk anak-anak.
  • Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan). Harus tepat dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya. Dalam hal ini pengaturan komposisi mempunyai peran penting sehingga secara keseluruhan reklame menjadi enak dilihat dan pesan yang disampaikan cepat dipahami.
  • Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame. Sifat-sifat warna perlu diperhatikan, karena jenis warna sangat mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya. Contohnya anak-anak menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga untuk reklame produk anak-anak, jenis warna seperti merah, kuning, biru, banyak digunakan.
Reklame yang baik tentunya akan dapat memenangkan persaingan. Reklame yang dapat memenangkan persaingan biasanya adalah reklame yang menarik perhatian, yang membuat konsumen penasaran akan barang yang kita tawarkan, di dalam reklame tersebut ditonjolkan keunggulan produk kita dari produk lain yang sejenis, karena akan menambah tingkat kepercayaan konsumen Pesan dikemas dengan unik dan kreatif, isi pesan harus memberikan alasan calon pembeli untuk melakukan tindakan.

Saat ini kita dapat menemukan reklame di berbagai media, misalnya saja media elektronik seperti televisi banyak sekali menayangkan berbagai reklame. Hampir sekitar setengah jam sekali muncul di televisi. Media elektronik yang lain adalah radio. Selain itu reklame juga dapat kita jumpai di media cetak seperti koran dan majalah. Media sosial juga dapat digunakan untuk menampilkan reklame, misalnya saja Facebook, Twitter. Dan yang tak kalah dengan media-media yang lain yaitu internet, di internet banyak sekali reklame yang ditampilkan baik di sebuah web maupun blog.

Reklame Komersil, menganalisis teks pantun,properti dalam tari,jelaskan hubungan struktural pemerintah pusat dan daerah,jelaskan upaya pemerintah dalam menegakkan hak asasi manusia,justifikasi iklan adalah,berita teknologi tepat guna,makna kedaulatan rakyat dalam konteks negara hukum,teks prosedur kompleks cara mengurus surat keterangan catatan kepolisian,tumbak sewu,justifikasi dalam struktur teks iklan,lagu hari merdeka,pengertian justifikasi pada struktur teks iklan,justifikasi dalam teks iklan,lilin,properti yang digunakan pada tari piring,jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah diindonesia,gu gel jakarta,cerita gara gara kemben,lapangan lempar lembing,ciri kebahasaan teks opini,contoh justifikasi pada iklan,teks eksplanasi tentang tsunami,jelaskan contoh penerapan level tinggi pada gerak tari,pengertian orientasi pada iklan,pasienca,menjual sembari menjaga nirwana,setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya,isi editorial,tentang baik dan benar,ciri kebahasaan teks opini,contoh teks editorial,pengertian teks editorial,struktur teks editorial,ciri ciri teks editorial,menjual sembari menjaga nirwana,struktur teks editorial,maksud dari resor tumbuh menjamur ,tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal,menjual sembari menjaga nirwana,setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya,memproduksi teks opini/editorial secara bersama,argumentasi apa saja yang dikemukakan oleh penulis dalam teks menjual sembari menjaga nirwana,contoh opini hortatoris,tentang baik dan benar,arti kosakata resor,isi editorial,maksud dari resor tumbuh menjamur ,tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal,contoh teks eksposisi dan strukturnya bertema teknologi tepat guna pembuatan kompos,contoh teks eksposisi tentang teknologi tepat guna beserta strukturnya,teks eksposisi tentang teknologi tepat guna serta strukturnya,teks eksposisi teknologi tepat guna tentang mesin perontok padi,teks berita teknologi tepat guna,contoh teks berita,teknologi tepat guna,contoh teks eksposisi beserta strukturnya singkat,contoh teks eksposisi,beserta tesis argumentasi dan penegasan ulang,struktur teks berita teknologi tepat guna

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Reklame Komersil

  • Perjuangan Kapitan Pattimura Perjuangan Kapitan Pattimura Pattimura (atau Thomas Matulessy) juga dikenal dengan nama Kapitan Pattimura adalah pahlawan Maluku dan merupakan Pahlawan nasional Indon ...
  • Cara Makhluk Hidup Memperoleh Makanan Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Mereka memiliki cara sendiri-sendiri dalam mendapatkan makanan. Manusia memperoleh makanan dari t ...
  • Mengenal Masyarakat Badui Masyarakat Badui berada di pedalaman Jawa Barat. Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Mereka merupakan salah ...
  • Pengambilan Keputusan dalam Rapat Dalam sebuah rapat atau pertemuan biasanya digunakan untuk membicarakan, merundingkan, dan memutuskan suatu masalah. Salah satu contoh yang sederhana saja, misalnya da ...
  • Jenis Jenis Alat Musik Jenis Jenis Alat Musik Alat Musik adalah alat yang diciptakan atau dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik. Walaupun apa saja yang dapat menghasilan suara ...

0 komentar:

Post a Comment